IPA ILMUPENGETAHUAN.NET (IPA, BIOLOGI, FISIKA, SAINS)

Pengertian Himpunan Tak Terhingga dan Terhingga Beserta Contohnya

Hai sobat Belajar MTK – Seperti yang telah Anda ketahui, matematika merupakan ilmu yang relevan untuk kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam materi himpunan. Pengertian himpunan tak terhingga dan terhingga beserta contohnya menarik sekali untuk dipelajari. Tujuannya agar penerapan di kehidupan sehari-hari lebih mudah.

Selain itu, himpunan juga begitu berkaitan dengan penjabaran suatu objek secara lebih mudah. Anda pun bisa memperkirakan jumlah dan masih banyak lagi dengan mempelajari materi satu ini. Inilah ulasan lebih lanjut untuk pengertian himpunan tak terhingga dan terhingga serta contoh-contohnya.

A.  Pengertian Himpunan Tak Terhingga

Sebelum membahas tentang dua macam himpunan, Anda harus tahu lambangnya. Himpunan dlambangkan dengan huruf kapital, contohnya A, B, C, dan seterusnya. Sedangkan untuk anggota himpunan ditulis di dalam tanda kurung kurawal.

Himpunan terhingga merupakan himpunan yang unsur di dalamnya berjumlah tidak terbatas atau banyak sekali. Himpunan satu ini bisa diartikan juga sebagai bilangan yang tidak berujung alias tanpa akhir. Anda pun tidak akan mengetahui banyaknya anggota dari himpunan ini.

Contohnya:

Apabila B merupakan himpunan bilangan genap, maka B = { 2,4,6,8,10, dan seterusnya}. n(B) berarti tidak terhingga atau bisa juga n(B) berarti himpunan tidak terhingga. Anda tidak dapat menentukan banyak anggota dari himpunan tersebut serta tidak mengetahui akhir himpunan tersebut.

Himpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan TerhinggaHimpunan Tak Terhingga dan Terhingga

Himpunan Tak Terhingga dan Terhingga

B. Pengertian Himpunan Terhingga

Selanjutnya, kita beralih ke pembahasan mengenai himpunan terhingga. Himpunan terhingga sendiri merupakan kebalikan dari himpunan tak terhingga.

Jenis himpunan ini mengandung jumlah anggota atau unsur yang terbatas. Anggota keseluruhan dari himpunan ini dapat dihitung dan Anda bisa menentukan akhir dari anggota bilangan satu ini.

Contohnya:

Apabila A merupakan himpunan bilangan genap yang kurang dari 20, maka A = {2,4,6,8,10,12,14,16,18}. Jumlah A atau n(A) adalah 9. A disebut dengan himpunan berhingga karena bisa diidentifikasi akhir dari bilangan tersebut.

Ada juga contoh soal penerapan untuk bilangan berhingga. Misalnya jika Q merupakan himpunan nama arah mata angin dan dimulai dari huruf T, tentukanlah jumah atau n(Q). Maka jawabannya:

Q = {Timur, Tenggara, Timur Laut} dengan n(Q) = 3. Akhir dari himpunan Q diketahui adalah Timur Laut, berarti anggota Q pun dapat diketahui sehingga himpunan tersebut berjenis himpunan berhingga.

Baca juga : Gabungan Dua Himpunan dan Contoh Soalnya

C. Himpunan Kosong

Mempelajari pengertian himpunan tak terhingga dan terhingga beserta contohnya belum lengkap tanpa mengenal himpunan kosong. Himpunan kosong sendiri merupakan himpunan yang tidak memiliki anggota atau bilangan di dalamnya.

Contohnya:

A merupakan himpunan yang terdiri atas nama-nama hari dalam seminggu yang diawali dengan huruf Z. Nyatakanlah A dalam notasi himpunan secara tepat dengan penjelasannya.

Jawab:

Nama-nama hari dalam satu minggu adalah: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu. Dalam soal tersebut, diminta untuk mencari hari yang diawali dengan huruf Z. Jawabannya adalah tidak ada sehingga menjadi sebuah himpunan kosong, serta harus ditulis sebagai berikut: N = { }.

D. Himpunan Semesta

Sekarang, kita lanjutkan pembahasan tentan himpunan ini dengan mengenal himpunan semesta. Mempelajari himpunan semesta masih relevan dengan materi utama kali ini.

Himpunan semesta merupakan sebuah kumpulan yang terdiri atas semua anggota maupun objek himpunan yang sedang dibahas. Himpunan jenis ini biasanya dilambangkan dengan huruf S.

Contoh soal:

  1. {2,3,5,7}
  2. {udang, ikan, penyu, cumi-cumi}

Jawaban :

Jawaban untuk poin a, misalnya A {2,3,5,7} berarti jawaban himpunan semesta yang mungkin bisa didapatkan dari soal tersebut adalah:

  • S = {bilangan prima}
  • S = {bilangan asli}
  • S = {bilangan cacah}

Untuk soal b, himpunan semesta yang bisa dijawab dari {udang, kerang, cumi-cumi} adalah {binatang laut} {binatang tanpa tulang belakang}, {binatang yang bertelur}.

Pembahasan himpunan semesta ini sangat bermanfaat untuk mengidentifikasi benda-benda serta mengelompokkannya ke dalam bentuk yang tepat. Tentu saja ada banyak soal lainnya yang tidak kalah relevan untuk membahas himpunan satu ini.

Baca juga : Menentukan Irisan Dua Himpunan dan Contoh Soalnya

Nah, itu dia ulasan tentang pengertian himpunan tak terhingga dan terhingga beserta contohnya. Bagaimana, Anda semakin paham dengan materi satu ini? Jangan lupa untuk terus diulang agar pemahamannya lebih optimal serta bisa diterapkan ke dalam berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply