IPA ILMUPENGETAHUAN.NET (IPA, BIOLOGI, FISIKA, SAINS)

Pengertian Bilangan Komposit dan Contohnya

Hai sobat Belajar  MTK – Pengertian bilangan komposit dan contohnya merupakan salah satu materi yang harus dipelajari pada mata pelajaran matematika. Bilangan pada matematika ada banyak sekali macam-macamnya. Salah satunya yang harus Anda ketahui adalah bilangan komposit.

A. Pengertian Bilangan Komposit

Secara umum, bilangan komposit merupakan bilangan bulat utuh positif selain angka 0 (nol) dan 1 (satu). Selain itu, angka-angka yang termasuk dalam bilangan komposit bukanlah data angka primer. Bisa juga disebut sebagai bilangan yang dihasilkan dari melakukan operasi perkalian antara dua atau lebih bilangan primer sehingga menghasilkan komposit.

Bilangan ini disebut juga dengan bilangan tersusun. Secara sederhana, bilangan komposit merupakan kebalikan dari bilangan prima. Pada soal matematika, himpunan bilangan komposit ini akan diberi simbol berupa huruf “K” besar. Untuk memahami penjelasan tersebut, berikut beberapa contoh soal mengenai bilangan komposit.

Baca juga : Pengertian Bilangan Rasional dan Irasional beserta Contohnya

B. Contoh Soal Bilangan Komposit

Pengertian bilangan komposit dan contohnya ini akan memudahkan Anda untuk mengenali dan membedakan angka-angka yang termasuk dalam anggota bilangan ini.

1. Bilangan Komposit Kurang dari 5

Untuk dapat mengetahui berapa saja anggota dari bilangan komposit yang kurang dari 5 adalah dengan mengetahui terlebih dahulu bilangan prima yang termasuk dalam kelompok tersebut.

  • Anggota bilangan prima yang kurang dari 5 antara lain adalah 2 dan 3
  • Bilangan komposit yaitu 4

Jadi, bilangan komposit yang kurang dari 5 adalah 4. Hal ini disebabkan bilangan 4 bukanlah nilai yang termasuk dalam bilangan prima. Cara ini dapat digunakan seterusnya untuk mencari anggota-anggota bilangan komposit.

Pengertian Bilangan Komposit dan Contohnya

Pengertian Bilangan Komposit dan Contohnya

2. Bilangan Komposit Kurang dari 15

Cara menyelesaikan masalah ini juga sama dengan contoh soal sebelumya. Untuk mencari anggota bilangan komposit kurang dari 15, berarti kita harus mengetahui terlebih dahulu bilangan prima yang nilainya kurang dari 15.

  • Anggota bilangan prima kurang dari 15 adalah 2, 3, 5, 7, 11 dan 13

Jadi, setelah tahu berapa saja anggota bilangan primanya, baru kemudian kita bisa menentukan bilangan komposit kurang dari 15 dengan tepat.

  • Bilangan komposit kurang dari 15 yaitu 4, 6, 8, 9, 10, 12, 14

Adapun untuk menyatakan anggota himpunan bilangan komposit, pada awal penulisan data harus disertakan huruf “K” besar terlebih dahulu. Berikut beberapa contohnya.

3. Himpunan bilangan komposit kurang dari 5

Untuk menjawab soal tersebut, caranya sama seperti menentukan bilangan komposit. Jadi, kita harus mengetahui terlebih dahulu bilangan prima yang termasuk anggota tersebut, yaitu 2 dan 3. Bilangan lain selain angka 0 dan 1 merupakan anggota himpunan bilangan komposit.

  • Himpunan bilangan komposit kurang dari 5 yaitu

{K} = {4}

4. Himpunan bilangan komposit kurang dari 15

Cara untuk menentukan himpunan bilangan komposit kurang dari 15 sama seperti sebelumnya. Jadi, tentukan terlebih dahulu bilangan primer yang termasuk di dalamnya. Angka yang tersisa kecuali 0 dan 1, semuanya adalah bilangan komposit.

  • Himpunan bilangan komposit kurang dari 15 yaitu

{K} = {4, 6, 8, 9, 10, 12, 14}

Setelah mengetahui berbagai contoh cara menentukan bilangan komposit dengan mudah, ada trik lain yang dapat digunakan untuk mengetahui bahwa bilangan yang sedang digunakan adalah bilangan komposit. Caranya yaitu dengan melakukan operasi perkalian antara dua atau lebih bilangan prima.

Contoh:

5 x 5 = 25.

Angka “5” merupakan salah satu anggota bilangan prima, sedangkan hasil perkalian dua angka bilangan prima adalah bukan lagi bilangan prima karena angka tersebut memiliki faktor selain 1 dan 25. Jadi, hasil perkalian dua bilangan prima tersebut dapat dikatakan bilangan komposit, yaitu “25”

5 x 5 x 5 = 125

Angka “5” yang merupakan anggota bilangan prima. Jika dilakukan operasi perkalian dengan 3 angka bilangan prima, maka didapatkan hasil “125” yang bukan lagi anggota bilangan prima Jadi, angka 125 ini merupakan termasuk dalam bilangan komposit

2 x 5 x 7 = 70

Contoh di atas merupakan operasi perkalian dari tiga anggota bilangan prima yang berbeda-beda. Setelah dilakukan perkalian, maka akan menghasikan angka yang bukan lagi bilangan prima. Jadi, bilangan tersebut termasuk ke dalam anggota bilangan komposit.

NB Cara Termudah 

Untuk mencari bilangan komposit atau bukan yaitu jika bilangan mempunyai faktor lebih dari 2 maka merupakan bilangan komposit, jika hanya memiliki 2 faktor atau kurang maka bukan bilangan komposit.

contoh 

  • 4 faktornya adalah 1, 2, 4 merupakan bilangan komposit karena mempunyai faktor lebih dari 2
  • 6 faktornya adalah 1, 2, 3, 6 merupakan bilangan komposit karena mempunyai faktor lebih dari 2
  • 8 faktornya adalah 1, 2, 4, 8 merupakan bilangan komposit karena mempunyai faktor lebih dari 2
  • 5 faktornya adalah 1, 5 bukan bilangan komposit karena mempunyai faktor hanya 2
  • 7 faktornya adalah 1, 7 bukan bilangan komposit karena mempunyai faktor hanya 2

Baca juga : Pengertian Bilangan Real dan Contohnya

Pengertian bilangan komposit dan contohnya di atas masih dapat Anda kembangkan sesuai dengan soal yang diminta. Pada dasarnya, untuk menentukan bilangan komposit adalah dengan mencari terlebih dahulu bilangan primanya. Jadi, selain anggota bilangan prima, pasti merupakan bilangan komposit karena keduanya bersifat kebalikan.

Leave a Reply