FISIKAMateri Belajar Rumus Fisika

Macam-Macam Gaya dan Contohnya

Hai sobat Belajar Mtk  – Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan tentang macam-macam gaya dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam ilmu fisika, gaya merupakan tarikan atau dorongan yang dilakukan pada suatu objek sehingga terjadi interaksi dengan objek lainnya. Artinya, gaya terjadi jika ada dua objek yang berinteraksi dan jika interaksi terhenti, objek tersebut tidak lagi mengalami gaya.

Gaya sendiri bermacam-macam, ada yang lemah dan kuat. Makin kuat gaya maka makin besar pula tenaga yang dibutuhkan. Secara umum, ada dua macam gaya berdasarkan cara kerjanya, yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh terjadi jika objek mendapat sentuhan langsung dari sumber gaya, sedangkan gaya tak sentuh sebaliknya, objek tidak mendapatkan sentuhan secara langsung.

Baca juga: Jenis-jenis Alat Ukur Panjang dan Fungsinya

  • Macam-Macam Gaya Beserta Contohnya

Gaya tidak dapat dilihat, tetapi bisa dirasakan dan memberikan pengaruh pada objek yang mendapat gaya. Gaya juga dapat mengubah posisi/letak benda, menyebabkan benda diam menjadi bergerak, dan sebaliknya. Selain itu, gaya juga dapat mengubah bentuk dan ukuran benda, juga kecepatan dan arah gerak benda/objek.

Macam-Macam Gaya dan Contohnya

Macam-Macam Gaya dan Contohnya

Secara tidak sadar, ada banyak sekali aktivitas dalam kehidupan sehari-hari yang membutuhkan gaya. Aktivitas tersebut meliputi berjalan, berlari, mendorong meja, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, simak macam-macam gaya dan contohnya yang dikenal dalam ilmu fisika berikut ini.

  1. Gaya Normal

Gaya normal melibatkan dua benda yang permukaannya saling bersentuhan dan arahnya tegak lurus dengan bidang sentuh. Contohnya adalah jika benda diletakkan di atas permukaan benda lain, artinya benda tersebut mengalami gaya normal tegak lurus ke atas.

  1. Gaya Berat

Gaya berat yaitu gaya yang ditimbulkan oleh percepatan gravitasi terhadap benda dengan massa tertentu dan arahnya selalu tegak lurus ke bawah. Contoh gaya berat adalah saat bola/benda lainnya dilempar ke atas, benda tersebut pasti akan jatuh kembali ke bawah/tanah.

  1. Gaya Gesek

Gaya gesek yaitu gaya yang terjadi apabila ada dua benda yang permukaannya saling bergesekan. Contohnya adalah saat berjalan, telapak kaki atau alas sepatu akan bergesekan dengan permukaan lantai atau tanah.

  1. Gaya Tegangan Tali

Gaya tegangan tali merupakan gaya pada tali dalam keadaan tegang dan arahnya menuju ke atas. Contohnya adalah benda yang diikat dengan tali dan digantungkan sehingga tali menjadi tegang.

  1. Gaya Sentripetal

Gaya sentripetal adalah gaya yang terjadi pada benda yang bergerak melingkar dan arahnya selalu menuju pusat lingkaran. Contohnya adalah bola yang ikatkan pada tali, lalu diputar. Bola akan terus ditarik ke arah pusat karena mendapat gaya sentripetal.

  1. Gaya Sentrifugal

Kebalikan dari gaya sentripetal, gaya sentrifugal adalah gaya yang terjadi pada benda bergerak melingkar dan arahnya selalu menjauhi pusat lingkaran. Contohnya pada permainan atau wahana berputar di taman bermain yang dihubungkan dengan tali dan berputar menjauhi pusat.

  1. Gaya Otot

Gaya otot yaitu gaya yang timbul dari sumber tenaga manusia atau hewan dan menyebabkan perubahan pada benda. Contohnya adalah aktivitas mendorong meja, memukul bola, menarik kursi, mengangkat ember, dan lainnya.

  1. Gaya Pegas

Gaya pegas terjadi pada benda-benda yang memiliki sifat elastis atau lentur. Contohnya adalah menarik karet gelang, melepaskan busur panah, bermain katapel, shock breaker pada motor, dan sebagainya.

  1. Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi merupakan gaya yang berasal dari gravitasi atau gaya tarik bumi dan terjadi secara tidak langsung/tak sentuh. Contohnya adalah buah mangga dari pohon yang jatuh ke bawah/permukaan tanah, batu yang dilempar ke atas kembali ke bawah/bumi.

  1. Gaya Magnet

Gaya magnet terjadi pada benda yang memiliki daya tarikan atau mengandung magnet. Magnet itu sendiri dapat menarik benda yang terbuat dari logam, besi, kobalt, nikel, dan lain-lain. Contohnya adalah paku yang dapat ditarik oleh magnet.

  1. Gaya Apung

Gaya apung adalah gaya ke atas yang bisa terjadi ketika zat cair (fluida) melawan gaya berat dari benda yang direndam. Contohnya adalah plastik atau kayu yang dapat mengapung atau tidak tenggelam di permukaan air kolam.

  1. Gaya Listrik

Gaya listrik yaitu gaya yang dihasilkan dari adanya arus listrik pada alat-alat elektronik. Contohnya adalah kipas angin yang bisa berputar karena adanya sumber listrik, lalu komponennya bekerja menggerakkan kipas angin.

Baca juga : Rumus Hitung Gaya dan Contoh Soalnya

Nah, itulah macam-macam gaya dan contohnya dalam kehidupan sehari-sehari. Secara tidak sadar, setiap hari banyak aktivitas yang dikerjakan dengan menggunakan gaya.

Leave a Reply