FISIKAMateri Belajar Rumus Fisika

Pengertian Besaran Turunan dan Contohnya

Hai sobat Belajar MTK – Segala sesuatu yang bisa diukur dan memiliki nilai dalam sebuah satuan disebut dengan besaran. Di dalam ilmu Fisika, besaran dibagi menjadi 2 jenis yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran Pokok terdiri dari 7 jenis sedangkan besaran pokok ada banyak sekali macamnya. Kali ini akan kita bahas tentang pengertian besaran turunan dan contohnya agar bisa lebih mudah dipahami.

Baca juga :  Jenis-jenis Alat Ukur Panjang dan Fungsinya

Pembahasan tentang besaran turunan memang tidak akan bisa dipisahkan dari besaran pokok karena dari itulah asalnya. Besaran pokok adalah suatu besaran yang menjadi pangkal dari besaran turunan. Dengan kata lain beberapa besaran pokok yang digabungkan akan menjadi sebuah besaran turunan. Itulah yang membuat contoh besaran turunan bisa berjumlah banyak sekali.

Untuk lebih memudahkan pemahaman tentang pengertian besaran turunan dan contohnya simak penjelasannya berikut ini.

Penjelasan Tentang Besaran Turunan Beserta Contohnya

A. Pengertian atau Definisi Besaran Turunan

Besaran turunan merupakan hasil gabungan dari besaran pokok. Jadi bisa dikatakan kalau pengertian besaran turunan adalah besaran dalam ilmu Fisika yang dihasilkan dari turunan satu atau lebih besaran pokok. Contoh dari besaran pokok sendiri misalnya massa, panjang dan suhu. Semuanya ada 7 jenis besaran pokok yang bisa diturunkan menjadi besaran turunan.

B. Contoh Besaran Turunan

Untuk melengkapi pembahasan mengenai pengertian besaran turunan dan contohnya ini akan dijelaskan lebih rinci berikut ini. Karena macam besaran turunan ada banyak maka hanya akan diambil beberapa saja sebagai contoh agar mudah dipahami.

Beberapa contoh dari besaran turunan yang sering kita gunakan antara lain :

No Besaran Turunan Rumus Satuan
1 Luas L = p x l m2
2 Volume V = p x l x t m3
3 Kecepatan v = s/t m/s
4 Percepatan a = Δv/Δt m/s2
5 Massa Jenis ρ = m/v kg/m3
6 Gaya F =m x a N = kg.m/s2
7 Daya P = w/t W =kg.m3/s2
  • Luas merupakan turunan dari 2 x besaran pokok panjang yaitu panjang dan lebar. Satuannya adalah meter persegi (m2).
  • Volume atau isi yaitu turunan dari 3 x besaran pokok panjang yaitu panjang x lebar x tinggi. Satuannya adalah meter kubik (m3).
  • Massa jenis yang merupakan turunan dari besaran pokok massa (kg) dan panjang (meter). Satuannya adalah kg/ m3.

Dari contoh di atas maka bisa disimpulkan juga bahwa besaran turunan adalah sebuah besaran dimana elemen-elemennya terdiri dari gabungan besaran pokok.

C. Rumus Dalam Besaran Turunan

Dalam pembahasan tentang pengertian besaran turunan dan contohnya ini akan diberikan juga bagaimana rumus perhitungannya. Karena besaran turunan merupakan penggabungan dari satu atau lebih besaran pokok maka ada rumus tertentu dalam menghitungnya. Di bawah ini akan diberikan beberapa contoh rumus hitungan dalam besaran turunan.

Rumusnya adalah Luas = panjang x lebar

Penjelasannya adalah luas merupakan hasil turunan dari besaran pokok panjang dengan satuan meter. Sedangkan lebar juga bagian dari besaran pokok panjang dengan satuan yang sama yaitu meter. Sehingga luas memiliki satuan meter persegi (m2).

Rumusnya adalah  Volume = panjang x lebar x tinggi

Penjelasan tentang besaran volume hampir sama dengan luas hanya saja panjang dan lebar dikalikan lagi dengan tinggi benda. Sama seperti lebar, tinggi juga merupakan bagian dari besaran pokok panjang dengan satuan meter. Sedangkan satuan untuk volume adalah meter kubik (m3).

Rumusnya adalah Massa Jenis ρ= massa (kg) : volume (m3)

Penjelasannya adalah massa jenis adalah besaran turunan yang dihasilkan dari penurunan atau penggabungan besaran pokok massa dan panjang. Seperti sudah dijelaskan pada contoh sebelumnya bahwa volume merupakan turunan dari 3 x besaran pokok panjang dan satuannya m3.

Sedangkan massa yang satuannya adalah kilogram (kg) juga merupakan jenis besaran pokok lainnya. Jika kedua besaran pokok tersebut yaitu panjang dalam hal ini volume dan massa digabungkan akan menghasilkan besaran turunan baru. Besaran turunan itu adalah massa jenis.

Rumusnya adalah  Gaya = massa x percepatan

Penjelasannya adalah Gaya yang satuannya adalah Newton (N) merupakan turunan dari besaran pokok massa (kg) dengan percepatan. Sedangkan percepatan adalah besaran turunan dari besaran pokok panjang (m) dikalikan waktu (s).

Sehingga Gaya merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok massa,  panjang dan waktu. Satuan untuk Gaya (F) adalah kg m/s2.

Baca juga : Rumus Hitung Gaya dan Contoh Soalnya

Masih banyak lagi contoh besaran turunan yang dihasilkan dari penggabungan besaran pokok lainnya. Penjelasan lebih rinci seperti di atas bertujuan agar bisa lebih dipahami lagi tentang pengertian besaran turunan dan contohnya.

Leave a Reply