FISIKAMateri Belajar Rumus Fisika

Pengertian Besaran Pokok dan Contohnya

Hai sobat Belajar Mtk – Pengertian besaran dalam ilmu Fisika yaitu sesuatu yang dapat dihitung atau diukur serta mempunyai nilai yang dituliskan dalam angka dan beserta satuannya. Sebagai contoh besaran misalnya adalah massa, panjang dan kecepatan. Kemudian besaran tersebut dibagi atau digolongan lagi menjadi 2 yaitu besaran pokok atau Base Quantities dan besaran turunan atau Derived Quantities.

Dari pemahaman paling dasar seperti di atas nantinya akan memudahkan kita mempelajari tentang pengertian besaran pokok dan contohnya. Di dalam pembahasan nanti akan diberikan tentang pengertian apa itu besaran pokok yang ada pada ilmu Fisika. Tentu saja agar lebih mudah dipahami akan diberikan juga contoh dari besaran pokok tersebut.

Besaran Pokok dan Contohnya

Besaran Pokok dan Contohnya

Baca juga : Jenis-jenis Alat Ukur Panjang dan Fungsinya

Besaran pokok sebenarnya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari hanya kita tidak menyadarinya. Agar lebih jelas tentang pengertian besaran pokok dan contohnya simak penjelasan di bawah ini.

1. Pengertian Besaran Pokok dalam Ilmu Fisika

A. Pengertian atau Definisi

Jika besaran berarti sesuatu yang bisa diukur kemudian dinyatakan dalam nilai angka dan satuannya maka pengertian besaran pokok juga hampir sama. Pengertian dari besaran pokok yaitu besaran yang telah ditentukan satuannya berdasarkan pada kesepatan para ilmuwan fisika zaman dulu. Satuan dari besaran pokok tersebut sudah ditentukan terlebih dahulu.

Besaran pokok bisa juga dikatakan sebagai besaran yang menjadi pangkal atau dasar penyusun besaran lainnya. Sehingga dengan begitu besaran pokok hanya memiliki atau memuat satu jenis satuan saja. Definisi yang disebutkan di atas akan lebih jelas setelah pembahasan tentang pengertian besaran pokok dan contohnya selesai.

B. Jenis Besaran Pokok

Di dalam ilmu Fisika besaran pokok masih dibagi lagi menjadi 7 jenis. Ketujuh jenis besaran pokok tersebut yaitu:

No Besaran  Satuan Lambang Satuan Dimensi
1 Panjang Meter m L
2 Massa Kilogram kg M
3 Waktu Sekon s T
4 Suhu Kelvin K q
5 Kuat arus Ampere A I
6 Intensitas cahaya Candela Cd J
7 Jumlah zat Mol mol N
  • Panjang menggunakan satuan Meter (m) dan dimensi L
  • Massa dengan satuan Kilogram (kg) dan dimensi M
  • Waktu dengan satuan Sekon (s) dan dimensi T
  • Suhu atau temperatur dengan satuan Kelvin (K) dan dimensi q
  • Kuat arus dengan satuan Ampere (A) dan dimensi I
  • Intensitas cahaya dengan satuan Candela (Cd) dan dimensi J
  • Jumlah zat dengan satuan Mol (mol) dan dimensi N

Itulah 7 jenis besaran pokok yang ada di dalam ilmu Fisika. Setelah mengetahui ketujuh pembagian jenis tersebut maka pengertian besaran pokok dan contohnya akan lebih mudah dipahami.

C. Contoh Besaran Pokok

Kalau ada pertanyaan tentang bagaimana contoh besaran pokok sebenarnya jawabannya sama dengan 7 jenis yang sudah diterangkan di atas. Kita bisa menggunakan salah satu jenis besaran pokok tersebut sebagai contohnya. Misalnya suhu udara dengan satuan Kelvin. Nantinya besaran atau nilai suhu udara tersebut dari Kelvin bisa dikonversikan dalam satuan lainnya seperti Celcius (C).

Membahas tentang pengertian besaran pokok dan contohnya kurang lengkap jika tidak disertai penjelasan tentang besaran turunan. Simak penjelasan tentang besaran turunan berikut ini.

2. Definisi Besaran Turunan dan Contohnya

A. Pengertian Besaran Turunan

Apakah yang dimaksud dengan besaran turunan? Besaran turunan adalah gabungan dari beberapa satuan pada besaran pokok. Dengan begitu maka besaran turunan akan memiliki lebih dari satu jenis satuan. Tidak seperti besaran pokok yang hanya terdiri dari 7 jenis, besaran turunan ada banyak sekali macamnya.

B. Contoh Besaran Turunan

Sebagaimana saat membahas pengertian besaran pokok dan contohnya berlaku juga hal yang sama pada besaran turunan. Sudah dikatakan sebelumnya bahwa jenis besaran turunan jumlahnya sangat banyak sehingga tidak mungkin disebutkan satu persatu. Tetapi ada beberapa besaran turunan yang sudah tidak asing dalam kehidupan kita sehari-hari.

Beberapa contoh dari besaran turunan yang dimaksud antara lain adalah :

  • Luas yaitu hasil dari panjang dikalikan lebar dengan satuan meter persegi (m2).
  • Volume yaitu perkalian dari panjang, lebar dan tinggi dengan satuan meter kubik (m3).
  • Massa jenis yaitu pembagian antara massa (kg) dengan luas (m2) dan satuannya adalah kg/m2.
  • Kecepatan yaitu hasil pembagian dari perpindahan (m) dengan waktu (s) dan satuannya adalah m/s.
  • Gaya yaitu massa dikalikan percepatan dengan satuan Newton (N).

Masih banyak lagi contoh dari besaran turunan yang lainnya.

Baca juga:  Cara Mengkonversi Satuan Suhu Termudah

Pembahasan tentang pengertian besaran pokok dan contohnya beserta besaran turunan bertujuan untuk membantu siswa lebih memahami ilmu Fisika.

Leave a Reply