APLIKASI PAYFAZZ ! Aplikasi jualan pulsa, paket internet dll Murah Praktis.

Operasi Hitung Campuran Bilangan Pangkat Dua dan Contohnya

Hai sobat Belajar MTK – Operasi hitung campuran bilangan pangkat dua dan contohnya di bawah ini bisa Anda pelajari untuk meningkatkan ilmu pada pelajaran matematika. Ada beberapa operasi hitung dalam matematika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan pengurangan.

Salah satu operasi yang cukup rumit dan butuh ketelitian ekstra adalah operasi hitung campuran bilangan pangkat dua. Karena dalam satu soal biasanya ada semua jenis operasi sekaligus, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan pengurangan. Namun jangan khawatir, di bawah ini akan dibahas cara mengoperasikannya dan contoh-contohnya.

Operasi Hitung Campuran Bilangan Pangkat Dua

Perpangkatan adalah salah satu jenis operasi dalam matematika untuk perkalian yang berulang sebanyak pangkatnya. Pangkat biasanya ditulis lebih kecil daripada angka dan terletak agak di atas, misalnya saja 3², 4², 5² dan seterusnya

Pada dasarnya operasi hitung pangkat dua hanya berkutat di penjumlahan, pengurangan, perkalian dan penambahan. Dilibatkan juga variasi seperti menambahkan tanda kurung sebagai tanda untuk dikerjakan telebih dahulu.

Operasi Hitung Bilangan Pangkat Dua

Operasi Hitung Bilangan Pangkat Dua

Bilangan kuadrat atau pangkat dua adalah bilangan yang dihasilkan dari hasil perkalian bilangan itu sendiri sebanyak dua kali. Pangkat dua biasanya disimbolkan dengan angka dua kecil di ujung angka.

Ada beberapa aturan operasi hitungan campuran bilangan pangkat dua yang harus Anda perhatikan. Jika Anda belum tahu, operasi hitung campuran adalah gabungan dari dua atau lebih operasi hitung biasa. Jadi dalam soal tersebut ada perkalian, penjumlahan, pengurangan dan pembagian.

Misalnya saja jika pada suatu soal ada tanda kurung, maka angka yang ada dalam kurung lah yang harus dioperasikan terlebih dahulu. Tidak peduli di soal tersebut ada perkalian atau pembagian.

Selanjutnya jika terdapat operasi perkalian dan pembagian, maka yang muncul paling depan lah yang harus dioperasikan terlebih dahulu. Kemudian jika terdapat operasi penjumlahan dan pengurangan pada soal, maka diurutkan dari depan. Yang muncul pertama kali di depan entah itu penjumlahan atau pengurangan harus dioperasikan terlebih dahulu.

Baca juga : Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Beserta Contohnya

Terakhir, jika dalam satu soal ada penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian maka urutan pengerjaannya adalah dari perkalian atau pembagian. Baru setelahnya bisa mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan.

Intinya dalam operasi hitung campuran yang didahulukan terlebih dahulu adalah tanda kurung, perpangkatan, perkalian/pembagian dan penjumlahan/pengurangan. Peraturan ini harus benar-benar dipahami agar tidak terjadi kesalahan dalam mengerjakan soal.

Intinya dalam operasi hitung campuran yang harus didahulukan terlebih dahulu

Contoh Operasi Hitung Campuran Pangkat Dua

Berikut contoh operasi hitung campuran bilangan pangkat dua dan contohnya yang akan membuat Anda lebih paham :

  • Contoh soal 1

3² + 4² = (3×3)+(4×4)

            = 9 + 16

            = 25

  • Contoh soal 2

(7 + 3)² + 4² = 10² + (4 x 4)

                     = (10 x 10) + 16

                     = 100 + 16 = 116

  • Contoh soal 3

5² – 4² = (5 x 5) – (4 x 4)

           = 25 – 16 = 9

  • Contoh soal 4

(9 – 3)² – 4² = 6² – (4 x 4)

                   = (6 x 6) – 16

                   = 36 – 16 = 20

  • Contoh soal 5

5² x 3² = (5 x 5) x (3 x 3)

           = 25 x 9 = 225

  • Contoh soal 6

(3 x 4)² x 3² = 12² x (3 x 3)

                   = 144 x 9 =1296

  • Contoh soal 7

6² : 2² = (6 x 6) : (2 x 2) = 36 : 4 = 9

  • Contoh soal 8

(20 : 2)² : 5² = 10² : (5 x 5) = 100 : 25 = 4

  • Contoh soal 9

10² – 4² x 2² + 3² = 10² – ( 16 x 4) + 9

                            = (100 – 64) + 9 = 36 + 9 = 45

  • Contoh soal 10

10² : 5² + 2² x 4² = (100 : 25) + (4 x 16)

                            = 4 + 64 = 68

Berikut kalkulator hitung bilangan pangkat dua, silakan dicoba

Baca juga : Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Dan Contohnya

Demikianlah ulasan tentang operasi hitung campuran bilangan pangkat dua dan contohnya. Ingat sebelum mengerjakan operasi hitung campuran bilangan pangkat dua, Anda harus mengetahui aturan-aturan dalam operasi hitung campuran. Semoga dengan membaca tulisan ini pengetahuan Anda tentang operasi campuran bisa ditingkatkan.

Leave a Reply