APLIKASI PAYFAZZ ! Aplikasi jualan pulsa, paket internet dll Murah Praktis.

Mengubah Pecahan ke Bentuk Desimal dan Persen

Hai sobat Belajar MTK. Salah satu pelajaran matematikan yang terbilang rumit dan sukses membuat siswa pusing adalah tentang pembahasan bilangan pecahan. Meskipun sebenarnya, jika kita pahami betul-betul, topik ini sebenarnya mudah dan tak sesulit yang dikira.

Perlu diketahui, terdapat tiga macam dalam menyatakan suatu bentuk bilangan pecahan atau angka pecahan, yaitu bilangan pecahan biasa, bilangan pecahan desimal dan bilangan persen. Jadi bilangan pecahan ini dapat diubah menjadi bilangan pecahan desimal dan bilangan persen.  Lantas, bagaimana cara mengubah pecahan kebentuk desimal dan persen?

Bilangan Pecahan Biasa

Bilangan pecahan biasa atau angka pecahan biasa merupakan angka yang menunjukkan perbandingan dalam bentuk a/b (dibaca a/b) dalam hal ini a disebut pembilang dan b disebut pembagi. Contoh angka pecahan biasa adalah 1/3 (angka 1 adalah pembilang dan angka 3 adalah penyebut)

Bilangan Pecahan Desimal

Bilangan desimal atau pecahan desimal merupakan bilangan pecahan dalam bentuk persepuluh, perseratus, perseribu, persepuluh ribu, dan seterusnya.

Misal bilangan ½, jika dinyatakan dalam bentuk bilangan desimal adalah sebagai berkut:

  • Dalam bentuk persepuluh (5/10) adalah 0,5
  • Dalam bentuk perseratus (50/100) adalah 0,50
  • Dalam bentuk perseribu (500/1.000) adalah 0,500
  • Dalam bentuk persepuluh ribu (5.000/10.000) adalah 0,5000
  • Dan seterusnya

Bilangan Persen

Bilangan persen atau angka persen merupakan bilangan dalam bentuk per seratus. Angka persen ditulis sebagai angka diikuti dengan tanda atau simbol %. Angka 10% dibaca 10 persen artinya 10 perseratus (10/100).

Mengubah Pecahan Kebentuk Desimal dan Persen

Mengubah Pecahan Kebentuk Desimal dan Persen

 

Cara mengubah Pecahan biasa ke bentuk desimal

Sebaiknya harus paham terlebih dahulu, bila bilangan desimal selalu identik dengan tanda koma. Misalnya 3,5 atau 2,5, dan sebagainya. Nah, berikut ini adalah contoh bilangan pecahan  yang diubah ke pecahan desimal.

Contoh

¾ = 3 : 4 = 0,75.

½ = 1 : 2 = 0,5.

Cara mengubah pecahan biasa ke bentuk persen

Gampang sekali untuk mengubah pecahan biasa ke bentuk persen. Jadi anda hanya perlu mengubah penyebutnya menjadi 100 dengan cara mengalikan nilainya. Semisal dikalikan dengan 25 agar penyebutnya menjadi 100, maka pembilangnya juga harus di kali dengan 25.

Contoh

20/25 = ( kita kalikan dengan 4 agar penyebutnya 100 )

20/25 = 80/100

20/25 = 80 %

Baca juga : Menghitung Persentase Bunga Bank dan Contoh Soalnya

Cara mengubah bentuk desimal ke bentuk pecahan biasa

Ini adalah kebalikan dari yang atas. Apabila kita ingin mengubah bentuk desimal ke bentuk pecahan biasa, maka yang harus kita perhatikan adalah ada berapa angka yang terdapat dibelakang (koma). Jika dibelakang (koma) terdapat 1 angka, maka bilangan tersebut dibagi dengan 10. Jika ada 2 angka dibelakang (koma), maka dibagi dengan 100, Dan seterusnya.

Contoh

0,5 = 5/10 = ½

0,75 = 75/100 = ¾

Cara mengubah bentuk persen ke pecahan biasa

Ini sangat mudah tentunya jika kalian sudah mengerti yang telah saya jelaskan diatas. Jika kalian sudah tahu bahwa setiap angka yang dikalikan dengan persen berarti angka tersebut adalah /100 ( per seratus ). Semisal, 25%, jika kita ingin mengubah 25% kedalam pecahan biasa, kita bagi dengan 100. Jadi 25/100 = ¼. Mudah bukan?

Contoh

75% = 75/100 = 3/4

80% = 80/100 = 4/5

Berikut Kalkulator Mengubah Pecahan ke Bentuk Desimal dan Persen

Baca juga : Cara Mencari KPK dan FPB dengan Mudah

Itulah pembahasan singkat tentang cara mengubah pecahan ke bentuk desimal dan persen. Semoga pembahasan di atas dapat membantu anda dalam memahami dan menjawab semua pertanyaan terkakit cara mengubah pecahan ke bentuk desimal dan persen.

Leave a Reply