APLIKASI PAYFAZZ ! Aplikasi jualan pulsa, paket internet dll Murah Praktis.

Mengubah Persen Menjadi Desimal dan Contoh Soalnya

Hai sobat Belajar MTK. Dari sekian banyak kata kunci matematika yang sering dicari, salah satu kata kunci yang paling banyak dicari adalah cara mengubah persen menjadi desimal dan contoh soalnya. Persentase merupakan salah satu materi pelajaran matematika yang sangat penting karena sering di gunakan dalam segala aspek di kehidupan ini. Cara mempelajari materi satu ini juga tidak terlalu sulit untuk anda lakukan.

  • Memahami Metode Persentase dalam Matematika

Seringkali orang beranggapan kalau persentase ini hanya digunakan untuk membahas uang dan potongan harga. Tapi sebenarnya tidak demikian. Ada kelas yang berbeda beda mengenai cara membuat persentase ini dari mulai yang mudah hingga yang rumit. Tapi jika anda memahami dasarnya dengan baik sudah tentu cara mengubah persen menjadi desimal dan contoh soalnya ini tidak akan menjadi masalah yang berat.

Persen adalah kata ganti dari per seratus. Berarti jika anda mengucapkan angka 50 persen, secara matematis angka tersebut bisa ditulis 50 per 100

50% sama dengan 50/100

Jika diperkecil maka  ini bisa menjadi 50/100, 25/50, 5/10, 1/2  jadi 50 persen ini sama dengan setengah jika anda terus membagi penyebut dan pembilangnya menjadi pecahan paling kecil. Memahami hal ini menjadi sangat penting bila anda berencana untuk mempelajari cara mengubah persen menjadi desimal dan contoh soalnya.

Baca juga : Belajar Menghitung Persen dan Contoh Soalnya

Mengubah Persen Menjadi Desimal

Mengubah Persen Menjadi Desimal

  • Cara Merubah Persen Menjadi Desimal dan Contoh Soalnya

Untuk mengubah persen menjadi desimal, sudah tentu anda harus merubah persentase tersebut menjadi pecahan dengan menggunakan cara di atas. Ada dia tips yang bisa anda lakukan, pertama anda harus memperkecil pecahan tersebut menjadi pecahan yang tidak bisa dibagi lagi seperti contoh di atas. Selanjutnya untuk membuat angka desimal, anda hanya perlu menempatkan koma pada posisi yang tepat atau membaginya secara langsung dengan menggunakan kalkulator.

Berikut ini cara merubah persen menjadi pecahan dan desimal dan contoh soalnya

A. Cara 1 Mengubah Persen Menjadi Desimal

Cara pertama sangat mudah yaitu caranya kita bagi saja dengan 100, atau sama saja dengan bergeser 2 digit kekiri kemudian diberi angka nol koma,  menjadi nol koma…..

Contoh :

  • 45 %  = 45/100 = 0,45
  • 33 %  = 33/100 = 0,33
  • 65 %  = 65/100 = 0,65

B. Cara 2 Mengubah Persen Menjadi Desimal

Bentuk desimal dari 75% adalah?

Langkah pengerjaan :

  • Rubah bentuk persen di atas menjadi pecahan

75% sama dengan 75/100

  • Perkecil hingga tidak bisa dibagi lagi

75/100 = 3/4

  • Geser koma atau bagi dengan rumus bagi kurung / kalkulator

3/4 ini bisa dibagi dengan kalkulator hasilnya menjadi 0,75

Anda bisa juga menggunakan metode pergeseran koma. 75% berarti 75,00 (Tujuh puluh lima koma nol nol) dibagi 100, maka geserlah koma tersebut ke arah kiri jika dibagi dan ke arah kanan jika dikali. 75,00 menjad 0,75 dua angka di belakang koma seperti ini artinya perseratus.

  • Bagaimana Jika Persentase Berada dalam Bentuk Desimal?

Seringkali ada persentase yang memiliki bentuk pecahan seperti misalnya 11,5% atau 20.3% dan kombinasi angka lainnya. Sebenarnya jika anda menemukan soal seperti ini tidak perlu ada bingung untuk mengerjakannya. Cukup geser koma ke arah kiri seperti yang sudah kita bahas pada paragraf sebelumnya. Jadi anda tidak perlu melakukan penghitungan rumus yang rumit untuk mendapatkan angka desimal dari bentuk persentase seperti ini.

Misal 11,5%, anda hanya perlu menghilangkan simbol persennya menjadi 11,5.

Kemudian geser koma dua kali ke arah kiri menjadi 1,15 dan ,115 dan tambahkan nol di sebelah kiri koma menjadi 0,115. Mudah sekali bukan?

Sama halnya dengan angka 20,3%. Hilangkan simbol persennya terlebih dahulu menjadi 20,3 kemudian geser koma ke arah kiri seperti sudah kita lakukan di atas menjadi 2,03 dan ,203. Tambahkan nol dipingginya menjadi 0,203.

Jadi kesimpulannya : Cara untuk mengubah persen manjadi desimal yaitu kita tinggal bagi dengan 100 atau bergeser dua digit kekiri kita tambahkan nol didepan , menjadi nol koma ….

C. Cara 3 Mengubah Persen Menjadi Desimal

Cara ketiga cara yang paling mudah dan praktis yaitu gunakan kalkulator yang sobat miliki atau bisa juga menggunakan aplikasi kalkulator pada smartphone

Caranya yaitu kita bagi saja dengan 100

Contohnya :

  • 33,5% caranya ketikan angka 33,5 kemudian tekan bagi dengan angka 100, kemudian tekan sama dengan (=), maka akan didapatkan hasilnya 0,335

Atau silahkan sobat gunakan aplikasi kalkulator dibawah ini

Berikut kalkulator ubah persen menjadi desimal, silahkan dicoba

Baca juga : Mengubah Pecahan ke Bentuk Desimal dan Persen

Pahami dan pelajari metode mengubah persen menjadi desimal dan contoh soalnya ini dengan baik, karena metode ini merupakan cara yang paling mudah untuk anda praktikkan.

No Responses

Leave a Reply