APLIKASI PAYFAZZ ! Aplikasi jualan pulsa, paket internet dll Murah Praktis.

Rumus Keliling Dan Luas Segi Enam Dengan Contoh Soalnya

Halo sobat BelajarMTK, pada kesempatan ini kita akan membahas Rumus Keliling Dan Luas Segi Enam. Definisi segi enam adalah sebuah bangun datar segi banyak atau poligon yang memiliki enam sisi dan enam titik sudut. Dan Symbol untuk segi enam adalah Schläfli {6}. Nah, untuk anda yang ingin tahu lebih jauh tentang rumus keliling dan luas segi enam, langsung saja silahkan simak berikut ini.

Rumus Mencari Luas Segi Enam

L = (3/2 √3) s²

atau

L = 2,59807621 x s²

Contoh: Berapakah luas segi enam jika memiliki sisi 50 cm?

Jawab: (3/2√3)s² = (3/2 √3 )50² = 6495,19

Rumus Mencari Keliling Segi Enam

K = 6 s

Contoh Berapakah keliling segi enam yang memiliki sisi 50 cm?

Jawab: K = 6×50 = 300 cm

Rumus Keliling Dan Luas Segi Enam

Rumus Keliling Dan Luas Segi Enam

Rumus mencari Diagonal

d = 2s

Contoh: Berapakah ukuran diagonal segi enam yang memiliki sisi 50 cm?

Jawab: d = 2s = 50 x 2 = 100 cm

Rumus Mencari Tinggi

h = (√3)s

Contoh: Berapakah ukuran tinggi segi enam yang memiliki sisi 50 cm?

Jawab:

h = (√3)s

    = (√3)50 = 86.60

  • Mengenal Tentang Segi Enam

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, suatu segi enam memiliki panjang sisi dan besar sudut dalam yang sama. Sudut dalam yang ada pada segi enam adalah 120 derajat. Segi enam memiliki 6 simetri garis dan 6 simetri putar. Diagonal terpanjang dari sebuah segi enam adalah yang menghubungkan dua titik sudut berseberangan, panjang garis diagonal tersebut mencapai dua kali dari panjang satu sisi segi enam. Jadi, segi enam ini dapat dibagi menjadi enam buah segitiga sama sisi.

Baca juga :  Rumus Keliling dan Luas Jajaran Genjang

Beberapa segi enam dapat disusun bersama-sama dengan cara mempertemukan tiga segi enam pada salah satu dari masing-masing sudutnya. Susunan ini biasanya digunakan oleh lebah madu untuk membangun sarang mereka, karena susunan yang dimiliki oleh segi enam merupakan bentuk yang paling efisien dari segi ruang dan bahan bangunan.

  • Cara Menentukan Jumlah simetri Putar

Segi enam adalah salah satu bangun datar yang unik, karena memiliki sisi- sisi yang sama panjang. Karena itulah segi enam memiliki simetri putar. Apa itu simetri putar? Simetri putar suatu bangun adalah banyaknya kemungkinan suatu bangun diputar hingga tepat kembali menempati bingkainya. Di bawah ini merupakan cara untuk menentukan jumlah simetri putar yang dimiliki oleh bangun datar segi enam :

  1. Pertama-tama, tentukan titik pusat putaran dari bangun datar segi enam yang ingin anda ketahui simetri putarnya. Titik pusat putaran atau rotasi bangun datar segi enam berada pada perpotongan sumbu simetri dari bangun datar segi enam tersebut.
  2. Jiplaklah segi enam beraturan tersebut pada kertas gambar. Bangun datar segi enam yang telah selesai dijiplak pada kertas gambar tadi selanjutnya akan menjadi bingkai.
  3. Berilah label pada A, B, C, D, E, dan F masing-masing titik sudut segi enam beraturan dan bingkainya.
  4. Putarlah segi enam beraturan tersebut sejauh 360° atau satu putaran. Hitunglah berapa kali dalam satu putaran, segi enam beraturan tersebut dapat tepat kembali menempati bingkai yang digambar tadi.​
  5. Nah, dapat disimpulkan bahwa bangun datar segi enam dapat menempati bingkainya kembali sebanyak 6 kali dalam satu kali putaran penuh. Berarti jumlah simetri putar dari bangun datar segi enam adalah 6.

Berikut ini kalkulator hitung Keliling Dan Luas Segi Enam

Baca juga :  Rumus Keliling dan Luas Layang-Layang

Demikian diatas penjelasan mengenai rumus keliling dan luas segi enam beserta contoh soal serta cara mengetahui jumlah simetri putarnya. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan informasi yang berguna untuk anda. Terima kasih.

Leave a Reply