APLIKASI PAYFAZZ ! Aplikasi jualan pulsa, paket internet dll Murah Praktis.

Cara Menggambar Koordinat Kartesius dan Contohnya

Hai sobat  Belajar mtk – Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan cara menggambar koordinat kartesius dan contohnya. Koordinat Cartesian atau disebut juga koordinat persegi ini merupakan hasil penemuan dari seorang filsuf asal Perancis bernama Rene Descartes. Penemuannya sangat berpengaruh pada perkembangan geometri analytic, kalkulus dan juga kartografi. Descartes juga berperan besar dalam menggabungkan aljabar dan geometri.

A. Sejarah

Berbicara mengenai koordinat Cartesian, awal pemikirannya sudah ada sejak tahun 1637 dan dikembangkan untuk menunjukkan posisi titik dari suatu objek. Dalam karyanya yang berjudul Descartes Discourse of Method, cara/metode yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan dua sumbu yang saling tegak lurus.

Selanjutnya, Beliau juga memperdalam konsep-konsep yang sudah dikembangkan dalam karya lainnya yang berjudul La Geometrie. Selain itu, masih banyak konsep-konsep lain yang juga dikembangkan seperti koordinat polar dan lain sebagainya. Untuk bisa memahami materi ini, Anda perlu membaca pembahasan di bawah ini tentang bagaimana cara menggambar koordinat kartesius.

B. Apa Itu Koordinat Cartesian?

Koordinat Cartesian adalah sebuah konsep atau sistem yang digunakan untuk menentukan setiap titik dalam bidang atau permukaan. Metode ini menggunakan dua bilangan yang disebut dengan koordinat X dan koordinat Y untuk mewakili titik tersebut. Sedangkan nama atau sebutan lain dari koordinat X adalah absis dan koordinat Y adalah ordinat.

Apa yang dibutuhkan atau syarat untuk membuat sebuah koordinat Cartesian? Jawabannya adalah dua garis yang memiliki arah dan tegak lurus satu sama lain yaitu sumbu X dan sumbu Y. Kemudian, dibutuhkan panjang unit yang dibuat tanda pada kedua sumbu tersebut. Sebelum mulai materi tentang materi ini, berikut ini manfaat dari Cartesian, antara lain:

  • Dengan bantuan koordinat Cartesian, berbagai macam bentuk geometri seperti kurva bisa digambar menggunakan persamaan aljabar
  • Konsep Cartesian juga digunakan untuk menggambar denah atau peta
  • Cartesian digunakan dalam dunia penerbangan agar pesawat satu dengan yang lainnya bisa melewati jalur koordinat dengan aman tanpa bertabrakan

Baca juga : Menghitung Skala Pada Peta dan Contoh Soalnya

C. Cara Menggambar Koordinat Kartesius dan Contohnya

Sebagai gambaran, berikut ini salah satu contoh koordinat Cartesian.

Menggambar Koordinat Kartesius

Menggambar Koordinat Kartesius

Nah, dari contoh gambar di atas terdapat 4 titik A, B, C dan D yang masing-masing memiliki titik koordinat. Pada gambar di atas juga terlihat sumbu X dan sumbu Y yang akan menunjukkan titik koordinat dari masing-masing titik tersebut. Sebelum membahas lebih lanjut, berikut ini beberapa konsep dasar yang perlu diketahui, antara lain:

  • Sumbu X merupakan garis dari kiri ke kanan dengan bilangan positif ke arah kanan dan negatif ke arah kiri
  • Sumbu Y adalah garis dari bawah ke atas, dimana bilangan positif ke arah atas dan negatif ke arah bawah
  • Perpotongan antara sumbu X dan sumbu Y disebut pusat koordinat atau titik asal dengan koordinat (0,0)
  • Bidang koordinat terbagi atas 4 bagian disebut dengan kuadran yang diurutkan dari kanan atas kemudian melingkar melawan arah jarum jam
  • Kuadran I berada di bidang kanan atas dengan koordinat X dan Y bernilai positif
  • Kuadran II berada di bidang kiri atas dengan koordinat X negatif dan Y positif
  • Kuadran III berada di bidang kiri bawah dengan koordinat X dan Y bernilai negatif
  • Kuadran IV berada di bidang kanan bawah dengan koordinat X positif dan Y negatif

Untuk mengetahui berapa koordinat dari sebuah titik, Anda bisa menghubungkan dengan garis tegak lurus ke arah sumbu X dan Y. Rumus atau cara penulisannya yaitu (X,Y) dihitung dari titik asal. Pada gambar contoh di atas, berikut ini koordinat dari masing-masing titik, antara lain:

  • Titik A menunjukkan koordinat (-1,2) ditulis A(-1,2) dengan absis -1 dan ordinat 2
  • Titik B menunjukkan koordinat (1,1) ditulis B(1,1) dengan absis 1 dan ordinat 1
  • Titik C menunjukkan koordinat (2,-1) ditulis C(2,-1) dengan absis 2 dan ordinat -1
  • Titik D menunjukkan koordinat (-3,-1) ditulis D(-3,-1) dengan absis -3 dan ordinat -1

Baca juga : Persamaan Linear Dua Variabel dan Contoh Soalnya

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang cara menggambar koordinat kartesius dan contohnya sehingga Anda bisa lebih mudah dalam memahami materi ini. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply