APLIKASI PAYFAZZ ! Aplikasi jualan pulsa, paket internet dll Murah Praktis.

Rumus Sederhana Satuan Berat Beserta Contoh

Halo Sobat Belajar MTK. Dalam pelajaran matematika, salah satu rumus yang paling sering ditemukan di dalam kehidupan nyata adalah rumus menghitung dan mengkonversi satuan berat. Mengetahui satuan berat sangatlah penting karena akan sangat membantu Anda dalam berbagai macam urusan. Misalnya jika Anda gemar memasak kue, maka Anda dituntut untuk bisa mengkonversi satuan kg ke gram dan sebaliknya. Begitu jika Anda membuka usaha online shop, menguasai ilmu matematika satu ini bermanfaat untuk memperkirakan biaya ongkos kirim yang perlu dikeluarkan saat mengirimkan paket.

Satuan Berat Beserta Contoh

Rumus konversi satuan berat sebenarnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Tapi jika dibayangkan saja pastinya terasa sulit. Maka dari itulah penggunaan diagram tangga konversi satuan berat sangat populer untuk digunakan sebagai acuan. Dengan mengamati tangga konversi di bawah ini, Anda akan lebih mudah dalam memahami dan mengerjakan rumus satuan berat dan contoh soal yang akan kami sertakan berikut ini. Silahkan disimak.

Satuan Berat Beserta Contoh

Satuan Berat Beserta Contoh

Rumus Satuan Berat Beserta Contoh

Nah, seperti yang Anda lihat ada 7 satuan berat yang tertulis di undakan tangga konversi di atas. Setiap Anda ingin mengkonversi satuan berat menjadi satuan yang berada setingkat di bawahnya, maka Anda harus mengalikan angka bilangan tersebut dengan angka 10. Semakin banyak tingkatan yang dituruni, maka jumlah 0 akan semakin bertambah. Untuk lebih jelasnya, simak contohnya berikut ini:

4 kg = 400 dag

6 g = 600 mg

7 kg = 70000 dg

Sebaliknya, jika konversi satuan berat tersebut menunjukkan kenaikan tingkat, maka Anda perlu membagi angka bilangan tersebut dengan angka 10. Peraturannya lebih kurang sama dengan rumus di atas, semakin banyak tingkatan di atasnya, maka jumlah 0 yang dibagi pun akan semakin banyak.

Contohnya adalah:

5 mg = 0,5 cg

7000 g = 700 dag = 70 hg

4000 dag = 40 kg

Nah untuk lebih memperdalam pemahaman Anda, simak yuk contoh soal berikut ini:

Dalam satuan mg, berapakah nilai konversi dari 500 cg?

Sudahkah Anda menemukan jawabannya? Jika belum, silakan menyimak tangga konversi sekali lagi. Pertama-tama Anda perlu mengetahui dimana lokasi dari satuan mg, apakah berada pada tangga di bawah satuan cg atau di atasnya?

Ternyata, mg berada tepat di tangga bawah cg. Maka dari itu Anda perlu mengkalikannya dengan angka 10. Jika dijabarkan dengan rumus, maka akan menjadi:

500 cg            = 500 cg x 10

                        = 5000 mg

Selanjutnya, coba dengan soal yang sedikit lebih panjang yuk.

7 kg + 5 hg + 4 dag = . . . dag

Terlihat sedikit rumit? Jangan terkecoh, karena cara penyelesaiannya tergolong sangat sederhana lho. Jadi pertama-tama Anda perlu mengubah tiap satuan menjadi dag. Jadi:

7 kg = 700 dag

50 g = 50 dag

4 dag = 4 dag.

Lalu, tinggal jumlahkan semuanya menjadi:

700 + 50 + 4 = 754 dag.

Gampang sekali kan? Semoga penjabaran singkat mengenai rumus Satuan Berat Beserta Contoh yang diberikan di atas bermanfaat bagi Anda.

Baca juga : Satuan Dasar Panjang dan Satuan Waktu

Kalkulator Konversi satuan berat sederhana

No Responses

  1. Pingback: Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi Januari 15, 2018

Leave a Reply