FISIKAMateri Belajar Rumus Fisika

Rumus Kecepatan, Jarak dan Waktu Beserta Contohnya

Hai sobat Belajar MTk –  Sudah tahu rumus kecepatan, jarak dan waktu? Nah, Mendengar tentang rumus-rumus tersebut tentu kita sudah tidak asing dengannya, bukan? Seperti yang diketahui, kecepatan, jarak dan waktu memang menjadi istilah yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan rumus kecepatan, jarak dan waktu beserta contohnya juga sudah kita pelajari sejak masih di bangku sekolah dasar.

Lalu, bagaimana cara menghitungnya? Meski sudah dipelajari sejak di bangku sekolah dasar ternyata masih banyak orang bingung untuk menghitungnya. Nah, sebelum ke pembahasan contohnya berikut akan disajikan ulasan singkat tentang pengertian dari kecepatan, jarak dan waktu. Oleh karena itu, pastikan untuk membacanya sampai selesai ya!

Kalkulator Hitung Jarak (s)

Kalkulator Hitung Jarak (s)

A. Pengertian Rumus Kecepatan, Jarak dan Waktu Beserta Contohnya

1 . Pengertian Kecepatan

Secara umum pengertian kecepatan sendiri diartikan sebagai suatu besaran vektor yang menunjukkan tentang seberapa cepat sebuah benda dapat berpindah. Banyak orang yang sering menyebut besaran vektor ini dengan kelajuan yang mana dinyatakan dalam satuan meter per sekon (m/s). Berikut rumus kecepatan

v = s/t

Keterangan:

  • v = Kecepatan (km/jam)
  • s = Jarak tempuh (km)
  • t = Waktu tempuh (jam)

Perlu diketahui, dalam perhitungan kecepatan maka satuan waktu yang digunakan adalah detik. Sehingga Anda perlu mengganti satuan jam menjadi satuan detik jika di dalam soal masih menggunakan satuan jam.

Baca juga : Cara Mengkonversi Satuan Suhu Termudah

2 . Pengertian Jarak

Selanjutnya kita akan membahas tentang pengertian dari jarak. Jarak sendiri diartikan sebagai sebuah angka yang menunjukkan seberapa jauh suatu benda mengalami perubahan posisi. Biasanya untuk satuan Internasional dari jarak ini yaitu menggunakan meter. Berikut ini rumus dari jarak, yaitu:

s = t x v

Keterangan:

  • s = Jarak (km)
  • t = Waktu tempuh (jam)
  • v = Kecepatan (km/jam)

3 . Pengertian Waktu

Ketika kita membahas soal kecepatan dan jarak, maka kurang lengkap rasanya jika kita tidak memahmi tentang pengertian waktu. Waktu merupakan interval antara dua buah kejadian atau keadaan. Selain itu, waktu juga diartikan sebagai lama berlangsungnya sebuah kejadian. Secara internasional satuan dari waktu ini yaitu sekon atau detik (s). Nah, berikut ini rumus atau cara menghitung waktu, yaitu:

t =s/v

Keterangan:

  • t = Waktu tempuh (jam)
  • s = Jarak (km)
  • v = Kecepatan (km/jam)

B.  Contoh Soal Kecepatan, Jarak dan Waktu Beserta Jawabannya

1 . Contoh Soal Kecepatan

Mobil-mobilan Riza menempuh jarak sekitar 100 meter dalam waktu sekitar 50 detik. Berapa kecepatan mobil-mobilan Riza tersebut.

Diketahui:

  • Jarak (s) = 100 meter
  • Waktu (t) = 50 Sekon

Di tanya: Kecepatan mobil-mobilan?

Jawab:

v=s/t

v=100/50

v= 2 m/s

Jadi kecepatan mobil-mobilan Riza yaitu 2 m/s

2 . Contoh Soal Jarak

Azis mengendarai sebuah mobil dengan kecepatan sekitar 60 km/jam. Ia berangkat dari kota Bandung menuju ke Jakarta pada pukul 4 pagi. Apabila Azis berhasil sampai ke kota Jakarta pada pukul 8 pagi. Berapa km jarak yang telah ditempuh oleh Azis?

Diketahui:

  • Jam berangkat pukul 04:00
  • Jam sampai pukul 08:00
  • Kecepatan (v) = 60 (km/jam)

Ditanya :

  • Jarak tempuhnya?

Jawab:

Waktu tempuh = waktu sampai – waktu berangkat

= Pukul 08:00 – pukul 04:00

= 4 jam

Selanjutnya baru menghitungnya berapa jarak tempuhnya

s =t x v

= 4 jam x 60 km/jam

= 240 km

Jadi jarak yang ditempuh oleh Azis yaitu sekitar 240 km

3 . Contoh Soal Waktu

Bus Trans Jakarta berangkat ke kota A ke kota B dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam. Jarak antara kota A dan kota B yaitu 160 km/jam. Jika bus Trans Jakarta tiba di kota B pada pukul 12:00, pada jam berapa bus trans Jakarta berangkat dari kota A?

Diketahui:

  • Jarak (s) = 160 km
  • Kecepatan (v) = 80 km/jam

Ditanya: waktu..?

Jawab:

t=s/v

=160/80

= 2 jam

Maka sampai pukul 12:00 WIB dikurang 2 jam = jam 10:00 WIB.

Jadi bus Trans Jakarta berangkat dari kota A pada pukul 10:00 WIB.

Berikut kalkulator mencari jarak (s) jika diketahui kecepatan (v) dan waktunya (t), silahkan di coba.

Baca juga : Jenis-jenis Alat Ukur Panjang dan Fungsinya

Demikian sedikit ulasan singkat tentang pengertian rumus kecepatan, jarak dan waktu beserta contohnya. Setelah melihat beberapa contoh dan pembahasan di atas, tentu Anda sudah bisa membedakan bagaimana cara mencari kecepatan, jarak dan waktu. Jika masih belum jelas, Anda bisa mencobanya di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply