APLIKASI PAYFAZZ ! Aplikasi jualan pulsa, paket internet dll Murah Praktis.

Pembagian Bilangan Dan Cara Pembagian Bersusun Porogapit

Hai sobat Belajar Mtk – Ayo belajar tentang pembagian bilangan dan cara pembagian bersusun porogapit. Mungkin sebagian dari teman-teman merasa kesulitan ketika menghitung tanpa menggunakan kalkulator. Selain perkalian bersusun salah satu materi dasar operasi hitung matematika yang juga dianggap sulit yaitu pembagian bilangan. Sebenarnya operasi hitung yang satu ini tidak sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang.

Pada materi kali ini kita akan membahas pembagian dengan menggunakan cara bersusun porogapit. Umumnya dalam pembelajaran sekarang ini guru tidak mengajarkan bagaimana cara menghitung dengan menggunakan porogapit. Padahal tanpa di sadari dengan cara ini banyak anak yang lebih paham dan lebih cepat dalam perhitungan pembagian.

Baca juga : Operasi Bilangan Bulat Positif dan Negatif serta Contohnya

Berikut Pembagian Bilangan dan Cara Pembagian bersusun Porogapit

A. Mengenal Pembagian Bilangan

Sebelum membahas soal pembagian beserta cara penyelesaiannya, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih jauh tentang pembagian bilangan. Perlu diketahui banyak orang yang bilang pembagian dapat dilakukan dengan cara melakukan pengurangan sampai tersisa 0.

Misalnya :

  • 120 : 30, pengurangan berulang yaitu 120 – 30 – 30 – 30 – 30 = 0

Jika dilihat dari pengurangan berulang di atas dapat terlihat bahwa terjadi 4 kali pengurangan yang berulang dengan angka 30. Jadi, hasil dari 120  : 30 = 4

  • 120 : 40, pengurangan berulang yaitu 120 – 40 – 40 – 40  = 0. Jika dilihat terjadi pengulangan sebanyak 3 kali dengan angka 40. Sehingga hasil dari 120 : 40 = 3

B. Cara Pembagian Bersusun Porogapit Beserta Contoh

Sebagian dari teman-teman tentu sudah tidak asing dengan cara pembagian bersusun dengan menggunakan metode porogapit. Lalu apa sebenarnya metode porogapit dan bagaimana cara melakukannya. Perlu diketahui porogapit merupakan sebuah metode pembagian yang dilakukan secara bersusun.

Umumnya porogapit ini penggabungan dua kata yang berasal dari jawa yaitu Poro dan Gapit. Poro sendiri memiliki arti bagi (pembagi) sedangkan gapit memiliki arti ( billah atau kayu yang biasa digunakan untuk mengapit. Dalam konteks matematikanya porogapit bisa diartikan sebagai sebuah metode untuk melakukan pembagian pada sebuah bilangan yang menggunakan garis penjepit.

Langsung saja, agar semakin memahami tentang pembagian bersusun dengan menggunakan porogapit. Berikut akan disajikan soal sekaligus pembahasan singkat tentang porogapit, yaitu:

Contoh soal 1:

Hitunglah hasil dari pembagian dari 75:3 =…

Penyelesaiannya:

Langkah pengerjaan;

  • Langkah pertama yaitu membagi bilangan 7 dengan 3
  • Jika Anda masih bingung mendapatkan hasil dari 7 : 3, maka Anda bisa menggunakan cara “ 3 dikalikan berapa hasilnya mendekati angka 7, namun perlu diingat nilainya tidak boleh lebih dari angka 8”
  • Angka yang paling mendekati adalah 3 x 2 = 6 sehingga pada bagian atas Anda bisa menulisnya menjadi 2
  • Selanjutnya 7 dikurang 6 maka sisa 1 kita tulis dibawah, selanjutnya angka 5 diturunkan sehingga menjadi 15, kemudian 15 dibagi dengan 3 yaitu 5 kita tulis 5 diatas
  • Kemudian 5 x3 = 15 kita tulis diabawah selanjutnya kita kurangkan, maka hasilnya 0, jika sudah habis maka pembagian selesai
  • Sehingga dari perhitungan di atas dapat diketahui bahwa hasil dari 75 : 3 adalah 25
Pembagian Bersusun Porogapit

Pembagian Bersusun Porogapit

Contoh soal 2:

Hitunglah hasil pembagian bilangan ratusan berikut ini  150 :3 = …

Penyelesaiannya:

Sebenarnya untuk hitung pembagian ratusan ini hampir sama dengan pembagian puluhan yang sudah di uraikan di atas. Nah untuk semakin memahamkan teman-teman terkait operasi hitung pembagian metode porogapit, simak langkah-langkah berikut ini.

Langkah pengerjaan:

  • Pertama kali yaitu membagi angka 1 dengan angka 3, karena tidak bisa, maka menggunakan angka selanjutnya yaitu 15: 3 = 5
  • Setelah itu Anda hanya mengikuti langkah berikut ini
  • Karena hasil akhirnya sudah 0 maka angka nol yang ada dibelakang angka 5 dipindah ke bagian hasil, seperti,
  • Jika sudah maka sudah diketahui hasilnya yakni 150 : 3 = 50

Bagaimana setelah melihat beberapa contoh soal dan pembagian di atas mungkin teman-teman sudah sedikit memahami terkait pembagian bilangan dengan menggunakan cara porogapit. Jika masih bingung teman-teman bisa mencoba berulang kali hingga benar-benar memahami teknik pengerjaan yang benar atau sesuai.

Berikut kalkulator penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian 2 bilangan, silakan dicoba.

Baca juga : Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bersusun

Demikian beberapa ulasan materi terkait pembagian bilangan dan cara pembagian bersusun porogapit. Semoga cara di atas membuat teman-teman menjadi lebih paham tentang operasi hitung pembagian dengan menggunakan metode porogapit. Selamat mencoba!

Leave a Reply