APLIKASI PAYFAZZ ! Aplikasi jualan pulsa, paket internet dll Murah Praktis.

Membahas Jumlah Sudut Segitiga Dan Contoh Soalnya

Hai sobat Belajar MTK – Membahas jumlah sudut segitiga dan contoh soalnya memiliki kesan yang luar biasa bagi anda sedang mendalami Matematika. Pembahasan mengenai segitiga dan sudut merupakan salah satu pembahasan materi yang paling mudah. Biasanya materi satu ini dipelajari di Sekolah Menengah Pertama. Jika anda hendak mempelajari materi pembahasan satu ini, kami sangat merekomendasikan anda untuk memahami jenis-jenis segitiga terlebih dahulu.

  • Jenis-jenis Segitiga

Sebelum anda membahas jumlah sudut segitiga dan contoh soalnya, hal pertama yang harus anda pahami adalah jenis jenis dari segitiga itu sendiri. Perlu anda tahu, segitiga ini ada beberapa jenis seperti:

  1. Segitiga Sama Sisi
  2. Segitiga Sama Kaki
  3. Segitiga Sembarang
  4. Segitiga Siku Siku

Masing masing segitiga memiliki jumlah dan jenis sudutnya masing masing. Akan tetapi secara umum, cara penghitungannya tetap sama.

  • Jumlah Sudut Dalam Segitiga

Tiap tiap segitiga memiliki 3 buah sudut. Setiap sudut memiliki derajat yang berbeda beda tergantung letak mereka. Seperti misalnya pada segitiga sama kaki, ada dua sudut yang memiliki derajat yang sama dan satu sudut dengan derajat yang berbeda. Pada segitiga sama sisi, semua sudut memiliki derajat yang sama. Pada segitiga sembarang setiap sudut memiliki derajat yang berbeda dan terakhir pada segitiga siku siku, satu sudut memiliki 90 derajat dan dua lainnya berbeda.

<A + <B + <C = 180o

Setiap segitiga memiliki jumlah sudut yang sama yakni 180 derajat. Jadi jika anda harus melakukan penghitungan sudut dari segitiga, anda hanya perlu memastikan kalau jumlah dari ketiga sudut tersebut adalah 180 derajat. Mudah sekali bukan materi pembahasan sudut dalam segitiga ini? Untuk mendalamai matematika lebih jauh, anda wajib memahami cara membahas jumlah sudut segitiga dan contoh soalnya ini hingga selesai.

Jumlah Sudut Segitiga

Jumlah Sudut Segitiga

  • Cara Menghitung Sudut dalam Segituga

Untuk menghitung jumlah sudut dalam segitiga anda hanya perlu melakukan pengurangan dan penambahan terhadap angka 180 derajat yang sudah kami jelaskan di atas. Misalkan jika anda memiliki sebuah segitiga sama kaki A B C dengan A merupakan sudut lancip sebesar 40 derajat, maka bisa dipastikan kalau kedua sudut sisanya adalah (180 – 40)/2 = 70 derajat.

Begitupula jika anda memiliki satu buah sudut segitiga siku siku dengan diketahui, satu sudutnya bernilai 35 derajat, maka kedua sudut lainnya adalah 90 derajat dan 180 – ( 90 + 35 ) = 55 derajat. Mudah sekali bukan? Anda juga bisa menerapkan cara membahas jumlah sudut segitiga dan contoh soalnya ini terhadap pembahasan mengenai sudut segitiga lain yang mungkin anda temukan nanti.

  • Contoh Soal Penghitungan Sudut Dalam Segitiga

Berikut ini beberapa contoh cara membahas jumlah sudut segitiga dan contoh soalnya yang bisa anda praktikan sebagai sarana pembelajaran.

Soal Nomor 1

Sebuah sudut segitiga sama kaki ABC diketahui memiliki sudut B = 65o, dengan sudut C berhadapan dengan sudut B. Berapa nilai sudut A?

Diketahui :

  • Sudut B = 65o
  • Sudut C berhadapan dengan sudut B berarti sama 65o.

Ditanyakan :

  • Besar Sudut A?

Jawab :

Jumlah sudut dalam segitiga = 180o

Sudut B = 65o

Sudut C = 65o

Maka sudut A = 180 – ( B + C )

A = 180 – (65o+65o)

A = 180 – 130

A = 50o

Jadi besar sudut A adalah 50o

Contoh Soal Sudut Segitiga

Contoh Soal Sudut Segitiga

Soal Nomor 2

Segitiga siku-siku ABC diketahui memiliki sudut C = 30o, sudut B adalah siku-siku. Berapa nilai sudut A?

Diketahui :

  • Sudut C = 30o
  • Sudut B adalah siku-siku = 90o.

Ditanyakan :

  • Besar Sudut A?

Jawab :

Jumlah sudut dalam segitiga = 180o

Sudut B = 90o

Sudut C = 30o

Maka sudut A = 180 – ( B + C )

A = 180o – (90o+30o)

A = 180o – 120o

A = 60o

Jadi besar sudut A adalah 60o

Soal Nomor 3

Segitiga sama sisi ABC Berapa nilai sudut A, B dan C?

Jawab :

Segitiga sama sisi mempunyai besar sudut yang sama besar.

Jumlah sudut segitiga adalah 180o

jadi caranya adalah jumlah sudut dibagi 3

180o : 3 = 60o

Jadi besar sudut A = B = C = 60o

Berikut kalkulator mencari besar sudut segitiga ABC

Baca juga : Sifat-Sifat Bangun Datar Segi Tiga Dan Rumusnya Serta Contoh Soalnya

Itulah cara paling mudah untuk membahas jumlah sudut segitiga dan contoh soalnya, pahamilah materi diatas agar dapat membantu anda dalam mengerjakan soal Matematika.

No Responses

Leave a Reply