APLIKASI PAYFAZZ ! Aplikasi jualan pulsa, paket internet dll Murah Praktis.

Macam-Macam Jenis Sudut Serta Penjelasan Lengkapnya

Halo Sobat Belajar MTK. Ketika Anda melihat lingkungan sekitar Anda dengan lebih dekat, maka Anda akan menyadari bahwa kemanapun Anda pergi, Anda akan menemui hal yang berkaitan denga ilmu Matematika. Mulai dari hal terkecil yang ada di rumah Anda, seperti bentuk ruangan rumah maupun bentuk perabotan. Bentuk apapun (kecuali lingkaran tentunya) pasti memiliki sudut yang berbeda-beda. Hal yang menarik adalah Anda bahkan bisa menemukan ilmu tentang sudut tersebut dalam mata pelajaran matematika.

 

macam-macam jenis sudut

macam-macam jenis sudut

Tapi sebelumnya, tahukah Anda apa yang disebut dengan sudut dan macam-macam jenis sudut? Selama ini kebanyakan dari kita hanya mengetahui rupa dari sudut tanpa benar-benar mengetahui definisinya, iya kan? Definisi dari sudut adalah suatu daerah yang terbentuk dari dua buah ruas garis dengan titik pangkal yang sama. Untuk lebih jelasnya, coba deh simak gambar di bawah ini.

Definisi dari sudut

Definisi dari sudut

Dari gambar di atas, Anda melihat ujung dari garis A dan B bertemu di titik potong yang disimbolkan dengan huruf O. Hasil dari pertemuan garis A dan garis B tersebut membentuk satu sudut, yang kemudian disebut dengan sudut AOB. Dalam hal ini, kedua garis pembentuk sudut tersebut diberi sebutan kaki sudut.

Besar dari sudut bisa jadi besar maupun kecil, tapi besar tidaknya sudut sama sekali tidak ditentukan oleh panjang dari kaki sudut.  Besar sudut bisa jadi sama besar atau sam kecil terlepas dari panjang kaki sudut yang tidak sama panjangnya. Besaran dari sudut biasanya kita temukan dalam bentuk satuan derajat, dengan bilangan besaran sudut sebesar 360 derajat.

Macam-Macam Jenis Sudut

  • Sudut Siku-Siku

Dalam ilmu matematika ada bermacam-macam sudut yang wajib Anda kenal lho. Salah satu jenis sudut yang paling kita kenal adalah sudut siku-siku. Sudut siku-siku adalah jenis sudut yang memiliki besar sudut 90o. Dalam kehidupan nyata, kita bisa menemukan sudut siku-siku ini pada hampir semua perabotan rumah tangga. Contohnya seperti pada daun pintu, tepian meja, tepian kursi, lemari buku, dan lain sebagainya.

Macam-Macam Sudut

Macam-Macam Sudut

  • Sudut Lancip

Sudut kedua disebut dengan sudut lancip. Seperti namanya, ciri khas dari sudut ini adalah bentuk ujung sudut yang berbentuk runcing dengan besaran sudut di bawah 90o, dengan bilangan mulai dari 0o. Atau kalau dinyatakan dalam bentuk rumus matematika maka akan menjadi: 0º <α < 90º, α.

  • Sudut Tumpul

Berbanding terbalik dari sudut sebelumnya, sudut tumpul justru memiliki besaran sudut lebih dari 90o, mulai dari angka 90o hingga 180o.Apabila dinyatakan dengan rumus, maka besaran sudut tumpul dilambangkan dengan rumus:  90º < α <180º. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak gambar di atas.

  • Sudut Lurus/Setengah putaran

Sedangkan apabila sudut tersebut membentuk sudut tepat sebesar 180o, maka sudut dengan rupa garis melintang tersebut disebut dengan sudut lurus.

  • Sudut Refleks

Bagaimana jika sudut tersebut menunjukkan besaran sudut lebih dari 180o, tapi masih kurang dari 360o? Berdasarkan ilmu matematika, sudut tersebut dinamakan dengan nama sudut refleks.

sudut refleks

sudut refleks

  • Sudut Putaran Penuh

Sedangkan apabila sudut tersebut memiliki besaran angka tepat di angka 360o, sudut tersebut dinamakan sudut putaran penuh. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

sudut putaran penuh

sudut putaran penuh

Selain berdasarkan besaran sudut, ada juga lho jenis-jenis sudut berdasarkan dari posisi. Sudut-sudut bersebelahan misalnya. Sudut tersebut merupakan bentuk dua sudut yang dibentuk dari tiga garis dengan menggunakan satu titik vertex.

Sedangkan apabila sudut yang terbentuk tersebut saling bertolak belakang, maka sudut tersebut disebut dengan sudut-sudut vertikal atau sudut bertolak belakang.

Apabila kedua sudut tersebut bersebelahan dan memiliki nilai tepat di angka 90 derajat, maka sudut tersebut disebut dengan sudut komplementer. Sudut-sudut yang terakhir disebut dengan sudut-sudut supplementer. Sudut-sudut ini dibentuk dari dua sudut yang bersebelahan dengan jumlah dari keduanya adalah sebesar 180 derajat.

Baca juga : Rumus Teorema Phytagoras Mudah Beserta Contoh Soalnya

Nah, semoga penjelasan terkait macam-macam jenis sudut dan seluk beluknya diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam memahami pengetahuan tentang sudut, ya.

One Response

Leave a Reply