APLIKASI PAYFAZZ ! Aplikasi jualan pulsa, paket internet dll Murah Praktis.

Belajar Menghitung Persen dan Contoh Soalnya

Halo sobat Belajar MTK. Belajar Matematika Itu Mudah, pikiran inilah yang harus tertanam pada sobat semua terutama pada anak-anak sejak masuk SD. Jangan berpikiran Matematika itu sulit, belum apa-apa sudah berpikir sulit maka jadi sulit betulan, jadi malas deh. Tetapi harus Berkeyakinan bahwa Pelajaran MTK  Matematika itu Mudah dan Saya yakin Bisa.

Karena Matematika itu sebenarnya merupakan salah satu pelajaran yang  sangat menyenangkan, asalkan rajin berlatih dan tetap semangat, karena Matematika pelajaran yang penting untuk dikuasai, karena rumus-rumus matematika akan sangat berguna di kehidupan nyata sehari-hari kita sering pakai secara tidak langsung. Salah satunya adalah ilmu dalam menghitung persentase yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Dalam banyak hal, Anda pasti menemukan istilah satu ini. Misalnya buat Anda yang gemar berbelanja, Anda akan sering melihat tag “Diskon 20%” atau sejenisnya. Saat Anda membayar pajak atau melihat slip gaji Anda pun, Anda pasti melihat simbol persentase di belakang digit angka.

Belajar Menghitung Persen dan Contoh Soalnya

Belajar Menghitung Persen dan Contoh Soalnya

Secara harfiah, persentase adalah suatu perbandingan yang digunakan untuk menyatakan pecahan dari keseluruhan yang dinyatakan dengan angka seratus atau perseratus. Dan sebenarnya kini penghitungan menggunakan persentase bisa dilakukan dengan menggunakan mesin kalkulator. Tapi, belajar menghitung persentase secara manual juga wajib dikuasai. Anda tidak bisa setiap saat memanfaatkan kalkulator untuk menghitung, kan? Makanya, yuk belajar menghitung persen dan contoh soalnya berikut ini.

  • Cara Menghitung Persen dan Contoh Soal

Salah satu rumus menghitung persen dan contoh soalnya adalah seperti yang kani bagikan berikut ini:

(bagian/seluruh) x 100 %

atau

1 % = 1/100

Rumus sederhana di atas bisa digunakan untuk mengubah pecahan atau rasio apapun ke dalam bentuk persen. Nah untuk membantu Anda agar lebih memahami rumus tersebut dan mengaplikasikannya di kehidupan nyata, yuk simak dan pahami soal cerita berikut:

  • Misalnya, ada sebuah botol air kosong dengan daya tampung total 300 ml. Kemudian, disi dengan 30 ml air ke dalamnya. Bisakah Anda menghitung berapa persen kenaikan dari volume air?

Terdengar rumit? Sebenarnya tidak juga, karena di sini ada dua buah informasi yang Anda dapatkan. Yang pertama adalah sebuah botol air kosong dengan daya tampung total sebanyak 300 ml dan kemudaian diisi  air sebanyak 30 ml. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan data yang Anda dapat ke dalam rumus persentase, menjadi:

(bagian/seluruh) x 100 %

(30 ml /300 ml) x 100 = 10%

Nah, dari sini Anda jadi bisa mengetahui kalau jumlah kenaikan dari volume air adalah sekitar 10%. Mudah sekali, kan?

  • Rumus perhitungan persentase di atas juga bisa diaplikasikan untuk kondisi lainnya. Seperti misalnya terdapat 10 buah kue di atas meja, dan kemudian Anda mengambil dan menyantap 2 buah kue tersebut. Jika diubah ke dalam bentuk persen, berapa banyak persen kah dari kue tersebut yang tersisa?

Di sini, pertama-tama Anda harus mencari tahu nilai pengurangan dari kue tersebut. Anda mendapatkan data bahwa awalnya ada 10 buah kue yang kemudian mengalami penurunan jumlah karena Anda mengambil 2 buah kue, sehingga sisa kue tinggal 8 potong.

Nah baru setelah itu, Anda dapat memasukkan angka-angka tersebut ke dalam rumus yaitu:

(8/10) x 100 % = 80%

Jadi, dari beberapa buah kue yang awalnya memiliki nilai 100%, setelah diambil dan berkurang jumlahnya, kini kue tersebut hanya memiliki nilai persentase sebanyak 80%.

  • Bagaimana jika Anda sedang berbelanja baju dan ingin mengetahui berapa banyak uang yang perlu untuk Anda bayarkan demi mendapatkan baju yang sudah mendapatkan diskon? Misalnya, Anda ingin membeli baju untuk anak Anda seharga Rp 100.000,- dan kebetulan butik tempat Anda membeli baju tersebut memberikan potongan diskon sebesar 10%. Berapa banyak uang yang harus Anda bayarkan?

Untuk memecahkan soal tersebut, Anda tetap menggunakan rumus yang digunakan di dua soal sebelumnya. Hanya saja, pengaplikasiannya sedikit berbeda, yaitu menjadi:

= 10 % x Rp 100.000

atau

= 10/100 x Rp 100.000

= Rp 10.000

Selanjutnya kurangi harga awal dari baju tersebut dengan hasil dari penghitungan di atas, menjadi:

 Rp 100.000 –  Rp 10.000 = Rp 90.000.

Jadi, uang yang perlu Anda bayarkan sekitar Rp 90.000,-.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Belajar Menghitung Persen dan Contoh Soalnya. Semoga bermanfaat.

No Responses

  1. Pingback: Macam-Macam Bilangan dan Contohnya Desember 13, 2017

Leave a Reply